RSS

Tahukah kamu, siapa penerbang pertama dalam sejarah muslim?


Sudah pada kenal belum dengan seorang ilmuwan muslim bernama Abbas Ibn Firnas. Kalau belum, kenalan dulu yuk dengan beliau.

Abbas Ibn Firnas adalah seorang ilmuwan yang lahir pada tahun 810 di Andalusia atau Spanyol. Andalusia merupakan Kekaisaran Islam Cordoba, dimana negara tersebut berhasil menjadi negara paling maju di Eropa. Banyak ilmuwan yang belajar disana termasuk Abbas, disanalah Abbas berhasil menjadi dokter, ilmuwan, insinyur, penyair sekaligus musisi.

Suatu hari, Abbas melihat pertunjukan dari pemain akrobat jalanan bernama Armen Firman, yakni melompat dari menara masjid Cordoba tanpa terjatuh sama sekali. 

Setelah menonton aksi tersebut sang ilmuwan terinspirasi untuk menemukan cara agar manusia bisa terbang.

Puluhan tahun Abbas belajar, sampai akhirnya dia berhasil membuat pesawat terbang untuk dirinya sendiri. Dia memulai percobaannya pada tahun 875, dengan melompat dari bukit Jabal Al-'Arus. Tentu saja, Abbas belum menggunakan mesin terbang canggih seperti sekarang ini melainkan hanya membuat sepasang sayap yang terbuat dari sutra dan kayu sebagai rangkanya. Hebatnya meski sederhana namun pesawat ini berhasil membuat Abbas terbang selama 10 menit di angkasa.

Qodarullah, percobaan tersebut tidak berakhir sempurna, karena Abbas belum mempelajari bagaimana cara mendarat dengan baik dan aman. Sehingga, pada saat mendarat Abbas tidak bisa mengendalikan kecepatannya sehingga ia pun jatuh terjungkal dan mengalami cedera punggung yang membuatnya tidak bisa melanjutkan eksperimen.

Bertahun-tahun ia merenungkan kekurangan dari desain pesawat yang ia buat. Sampai suatu hari, Abbas melihat seekor burung terbang dan mendarat dengan mudah. Untuk bisa mendarat, seekor burung menggunakan ekor dan sayapnya secara bersamaan.

Akhirnya, Abbas menyadari bahwa untuk bisa mendarat dengan mulus, ia membutuhkan sebuah ekor di ujung pesawatnya.

Abbas Ibn Firnas wafat pada tahun 887 di usia 77 tahun. Dan meski dia tidak berhasil menyempurnakan penemuan itu, untuk mengenang jasanya pemerintah Irak membuat sebuah patung dan menempatkanya di bandara kota Baghdad.


#AbbasIbnFirnas
#ilmuwanmuslim
#penemupesawat
#schoolofchampion
#quranicschool
#billingualschool

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar