RSS

Doa-doa Nabi Ibrahim di Dalam Al-Qur'an


Sebagi umat muslim, ayat al-Qur'an bisa menjadi pedoman dan petunjuk serta dapat menjadi sandaran dalam kehidupan. Maka dari itu sering-seringlah kita membaca ayat al-Qur'an agar hati dan pikiran kita menjadi tentram.

Doa di atas diambil dari al-Qur'an surat Ibrahim ayat 35. Dimana dalam ayat tersebut dikutip doa Nabi Ibrahim yang mendoakan kota Mekah agar menjadi kota yang aman. Selain itu, Nabi Ibrahim juga mendoakan agar dirinya dan keturunannya dijauhkan dari perilaku musyrik seperti menyembah berhala.    

Setiap orang yang berdoa dianjurkan agar mendoakan dirinya sendiri, lalu buat kedua orang tuanya dan anak cucunya. Seperti doa Nabi Ibrahim yang tertuang dalam surat al-Baqarah sebagai berikut:

QS al- Baqarah ayat 128:

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabana waj’alna muslimaini laka wa min dzurriyatina ummatan muslimatallaka waarina manasikana wa tub ‘alaina innaka antas sami’ul alim

"Ya Tuhan kami jadikanlah kami orang yang Berserah diri kepada-Mu dan anak cucu kami juga umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah haji kami, dan terimalah tobat kami sungguh Engkau Allah yang Maha Penerima tobat Maha Penyayang."

Kemudian Nabi Ibrahim menyebutkan bahwa banyak kalangan manusia yang terfitnah oleh penyembahan kepada berhala-berhala, dan bahwa dia berlepas diri dari orang-orang yang menyembahnya, lalu ia mengembalikan urusan mereka kepada Allah Swt. Jika Allah menghendaki untuk mengazab mereka, tentulah Dia mengazab mereka; dan jika Dia menghendaki memberikan ampunan kepada mereka, tentulah Dia mengampuni mereka.

Demikianlah doa untuk keselamatan bangsa dan negeri. 

Semoga Indonesia menjadi negeri yang "baldatun thoyyibatun wa robbun ghoffur", negeri yang baik yang diampuni Allah. Negeri yang "gemah ripah loh jinawi, tata tentrem kerta raharja"

#doamustajab
#jumatbarokah
#indonesiaberkah
#quranicschool
#billingualschool
#schoolofchampion


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar