RSS

Hari Peduli Sampah Nasional


Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN tahun ini diperingati tanggal 21 Februari 2021. Kementerian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Febuari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya. Peringatan ini muncul untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005, akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan sampah berubah menjadi gas metana dan meledak merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.

Sampah masih menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat global saat ini. Berbagai produk sampah sering kita jumpai dikehidupan sehari hari. Tetapi apakah kita sudah membuang sampah sesuai dengan tempatnya?

Banyak masyarakat yang belum paham akan kesadarannya membuang sampah sesuai dengan tempatnya, untuk itu perlu kita tingkatkan terus kesadaran kita akan pentingnya membuang sampah sesuai tempatnya. Akan tetapi tidak itu saja, melainkan kita juga harus memilah sampah dengan benar.

Pilahlah sampah menjadi 3 bagian atau tiga jenis yaitu sampah organik, sampah unorganik, dan sampah B3(beracun). Untuk tempatnya, sampah organik biasanya berwarna hijau yaitu mencakup sampah-sampah alami berupa daun kering, ranting, dan sisa makanan yang dapat diolah menjadi pupuk kompos. Untuk tempat sampah unorganik biasanya berwarna kuning yaitu berupa sampah-sampah plastik, kaleng, sterofoam, dan lain-lain yang dapat didaur ulang. Sedangkan untuk tempat sampah B3 biasanya berwarna merah yang khusus menampung sampah yang berbahan berbahaya seperti pecahan kaca, sampah obat kimia, dan lain-lain.

Untuk itu mari kita lakukan hal sederhana mulai dari diri kita sendiri agar selalu membuang sampah sesuai dengan tempatnya. Mengedukasi masyarakat agar mereka dapat mulai membiasakan diri memilah sampah sebelum membuangnya. Dengan hal tersebut kita sudah menjaga lingkungan kita sendiri dari bahaya sampah.

Ayo, mulai dengan hal kecil dari diri kita sendiri, agar kita dapat menyelamatkan lingkungan sekitar. Jaga kebersihan, jaga kesehatan supaya terhindar dari segala penyakit dan bencana. Stay safe, stay health....ayo selamatkan bumi kita dari bahaya sampah.

#pilahsampah
#jagakebersihan
#selamatkanlingkungan
#quranicschool
#bilingualschool

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar