RSS

Ekstra Sains

Ekstra Sains.
"Membuat Eskrim Dengan Kantung Plastik"
Siapa yang tidak suka eskrim? Wah pastinya tidak ada kan, hampir setiap orang suka eskrim. Tapi teman-teman, terkadang kalau kita makan eskrim yang kita beli di luar, belum tentu terjamin kebersihan dan bahan-bahannya. Nah oleh karena itu kali ini kita akan melakukan proyek sains membuat eskrim buatan sendiri, yaitu membuat eskrim dengan kantung plastik. Caranya :
1. Siapkan 2 kantong plastik klip. Yang satu berukuran sekitar 2 kali lebih besar dari satunya
2. Tuang susu cair ke kantong plastik kecil. Tutup dengan rapat.
3. Masukkan es batu dan garam ke kantong plastik besar
4. Masukkan kantong plastik kecil berisi susu cair ke kantong plastik besar
5. Kocok dengan kuat selama beberapa menit
Apa Yang Terjadi? Susu cair berubah menjadi padat
Mengapa?
Setidaknya kamu dapat melihat 3 macam perubahan wujud pada percobaan ini. Yang pertama es yang padat mencair akibat panas dari udara. Yang kedua susu cair membeku karena memperoleh pendinginan dari es. Yang ketiga uap air di udara mengembun karena didinginkan oleh es.
Mengapa susu bisa membeku menjadi seperti es krim? Ini disebabkan oleh adanya garam. Ketika garam ditambahkan ke es, sebagian es mencair karena terjadi penurunan suhu beku. Supaya es mencair, maka es perlu mengambil panas dari sekitarnya. Panas ini diambil dari susu. Karena panas dari susu diambil maka susu menjadi dingin. Ini berlangsung terus menerus, sehingga semakin banyak es yang mencair dan susu menjadi membeku. Semakin banyak garam yang ditambahkan semakin rendah pula suhu beku dan semakin cepat pula es krim susu terbentuk.
Ada yg mau???


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar