RSS

Orang tua adalah Tauladan Anak


Keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Keluarga merupakan penghubung utama antara orang tua menjadi pendidik bagi anak. Anak-anak akan banyak belajar dari perilaku orang tuanya. Tidak hanya dari perkataan melainkan jg perbuatan.

Anak tidak akan patuh dengan orang tua tanpa adanya contoh atau teladan dari orang tua itu sendiri. Itu artinya orang tua sangat berperan penting dalam mendidik anak. 

Mendidik merupakan tanggung jawab bagi para orang tua. Allah menitipkan anak kepada kita dengan keadaan yang baik. Maka tugas kita sebagai orang tua bertanggung jawab mendidiknya dengan baik. 

Mendidik seorang anak adalah tentang kesabaran. Kesabaran yang dimaksud tidak hanya tentang kesabaran dalam mendidik anak, melainkan juga tentang kesabaran dalam memperbaiki diri yang di dasari niat tulus karena-Nya dan dengan sepenuh hati.

"Andai orang tua lebih sibuk mengejar ketaqwaan dan ketaatan pada anaknya dari pada mengejar dunia, anak-anak kita bisa seperti Nabi Ismail yang patuh bukan karena ayahnya, tapi karena Rabbnya." (Bunda Elly Risman, Psi)

Bukan hanya kata-kata, melainkan teladan nyata.

Begitulah, jika para orang tua menginginkan anaknya menjadi baik, maka tugas utama para orang tua adalah memberinya contoh yang baik. 

Sebagai guru dan orang tua tugas kita tidak hanya sekedar mengajar dengan mengisi otak saja melainkan juga mendidik yaitu membentuk kepribadian.

Semoga Allah senantiasa mudahkan langkah kita untuk menjadi guru dan orang tua terbaik bagi mereka.


#parenting
#teladanorangtua
#teladanguru
#birrulwalidain
#quranicschool
#schoolofchampion
#billingualscholl

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Pabrik Jam Masjid Digital mengatakan...

Terimakasih, sangat bermanfaat sekali

Sahabat Muslim mengatakan...

Terimakasih, menjadi salah satu inspirasi dalam penulisan khutbah jumat berbakti kepada orang tua pdf saya. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

Posting Komentar