RSS

Hadist Menyayangi

Manusia diciptakan untuk saling menyayangi dan mengasihi antar makhluk hidup di dunia. Manusia sebagai makhluk yang mulia sudah seharusnya menunjukkan kasih sayangnya kepada seluruh makhluk ciptaan Allah. Tak hanya kepada sesama manusia, tetapi juga kepada makhluk lainnya, seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, juga lingkungan.
Sebagai seorang Khalifah tugas kita adalah menjaga, merawat dan menyayangi bumi Allah ini. 
 
Rasulullah SAW adalah teladan terbaik tentang berkasih sayang, tak hanya terhadap keluarga ataupun sahabatnya kepada musuhnya sekalipun beliau tetap memperlakukan dengan kasih sayang. Sebagaimana sabdanya, "sayangilah makhluk Allah yang ada di bumi, niscaya para Malaikat di langit akan menyayangimu"

Ada sebuah kisah dari seorang khalifah Islam yang kedua yaitu Amirul Mukminin Umar bin Khattab, beliau mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Salah satu kisah menakjubkan yang ditunjukkan Umar adalah seperti dikisahkan dalam kitab Mawa'izh al-Ushfuriyah karya Syekh Muhammad bin Abu Bakar al-Ushfuri.

Suatu hari, Khalifah Umar berjalan-jalan di Kota Madinah. Istilah sekarang, blusukan. Hal itu dilakukannya untuk mengetahui kondisi dan keadaan umat Islam yang dipimpinnya.

Saat berjalan-jalan menyusuri gang-gang kecil di Kota Madinah, Umar menyaksikan seorang seorang anak kecil sedang bermain-main dengan seekor burung. Anak kecil itu mempermainkannya sesuka hati. Tak jarang, burung itu dicekik. Karena itu, timbullah rasa iba dari Umar bin Khattab.

Umar tak tega melihat burung yang kecil itu dipermainkan. Ia lalu mendekati anak-anak itu kemudian meminta burung itu. "Wahai anakku, maukah engkau melepaskan atau menjual burung itu kepadaku?" kata Umar. Mendengar Umar akan membelinya, anak kecil itu pun gembira. "Baiklah tuan, silakan." Anak kecil itu kegirangan.

Setelah mendapatkan burung pipit itu, Umar lalu mengelus-elus bulu halus si burung pipit. Tujuannya, tentu saja agar burung itu merasa nyaman dan tenang. Umar ingin menunjukkan bahwa dirinya akan memperlakukan burung itu dengan sebaik-baiknya.

Setelah dirasa cukup tenang maka Umar langsung melepaskan burung pipit itu ke angkasa. Dan, burung pipit itu terbang bebas. (Sumber dari artikel Republika.co.id, Juli 2014)

Dari cerita di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sesama makhluk ciptaan Allah harus saling menjaga, merawat dan menyayangi.

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah terkumpul untuk mencurahkan mahabah hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru (dakwah di jalan)-Mu, dan berjanji setia untuk membela syariat-Mu, maka kuatkan ikatan pertaliannya. Ya Allah, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalanya, dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak akan pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakal kepada-Mu hidupkanlah dengan ma'rifat-Mu dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Dan semoga sholawat serta salam selalu tercurah kepada Muhammad, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya." Aamiin.

#menyayangi
#doajumat
#quranicschool
#schoolofchampion
#billingualschool

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar