RSS

MENANAMKAN ADAB ISLAM KEPADA ANAK

TIPS MENANAMKAN ADAB ISLAM KEPADA ANAK
(disarikan dari buku “Menuntun Langkah Anak Ke Surga”, karya Buya M. Alfis Chaniago)
Banyak cara yang dapat dilakukan orang tua dalam menanamkan adab islam kepada anak, diantaranya :
1. Dimulai dengan memperkenalkan dan mengajarkan adab islami dari hal yang paling sederhana. Misalnya; membaca doa sebelum makan, makan dengan tangan kanan, tidak tergesa-gesa saat makan, dan seterusnya. Disamping itu, hendaknya anak dilatih untuk tidak bermewah- mewah supaya tidak menimbulkan kesan bahwa makan harus dengan yang mahal-mahal.
2. Memperhatikan adab lain yang sifatnya individual seperti keluar masuk kamar kecil, berpakaian, dan seterusnya.
3. Mengajarkan adab islam, ketika anak bersikap dan berbicara kepada orang tua, saudara, dan orang lain. Misalkan dalam hal tutur kata, mendengarkan , dan seterusnya
4. Menjaga anak dari pergaulan dengan anak-anak yang biasa bermegah-megahan, bersikap angkuh, serta perilaku tidak terpuji lainnya.
5. Menanamkan rasa cinta kepada anak untuk membaca Al-Qur’an dan buku-buku bermanfaat.
6. Jika anak melakukan perbuatan terpuji dan akhlak mulia, jangan segan-segan memujinya atau memberi penghargaan yang dapat membahagiakannya
7. Jika suatu kali melakukan kesalahan, hendaklah dinasehati bahwa apa yang dilakukannya tidak baik. Apabila mengulangi perbuatan buruk, hendaknya ditunjukkan tingkat kesalahannya. Dan dikatakan kepadanya jika terus melakukan itu, maka orang-orang akan membenci dan meremehkannya.
8. Menanamkan nilai-nilai keberanian dan sabar dalam kondisi sulit. Memujinya jika melakukannya, sebab pujian akan mendorongnya untuk membiasakan hal tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar